SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP

SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP
RSI FATIMAH CILACAP

Wednesday, January 1, 2020

TUKAK LAMBUNG


                        

# Secangkir Teh Hangat #  Edisi perdana  -  1 Januari 2020


Repost share dr.Coana Sukmagautama,Sp.PD, M.Kes
 Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS UNS








Kasus  Tukak Lambung atau maag atau gastritis
               Kasus pasien datang nyeri perut di ulu hati, disertai perih dan perut terasa kembung, bahkan sampai muntah darah kehitaman,ada banyak yang dikeluhkan pasien poliklinik penyakit dalam maupun Intalasi Gawat Darurat, orang awam menyebutnya sebagai sakit maag atau lambung. Salah faktor risiko penyebabnya adalah masih banyak masyarakat yang tidak paham bahaya beli obat secara mandiri di toko obat tanpa konsultasi, dalam kasus ini obat-obat nyeri. Selain potensi terjadi gangguan ginjal, juga sering juga terjadi tukak/luka lambung. Menurut dr.Coana, Sp.PD berdasarkan pengalaman terdapat beberapa  kasus pasien yang sudah dilakukan endoskopi / teropong lambung yang sudah bisa dilakukan di RS UNS, Pasien ini datang dgn nyeri lambung, bab hitam, anemia berat dengan riwayat konsumsi obat-obat pegel linu, beli sendiri di toko obat tanpa konsul dokter. Dari hasil endoskopi terdapat ulcus (semacam sariawan) dan erosi (lecet) di mukosa lambung, syukur alhamdulillah tidak sampai lambung bocor.



                 Gambar 1. hasil endoskopi adanya erosi (lecet), Ulkus (semacam sariawan)


        Beliau juga mengatakan bahwa Dalam sepekan  melalui prosedur tindakan endoskopi, kami dapatkan 2 pasien dengan tukak atau sariawan lambung yang berat. Dalam bahasa medis "giant ulcus gaster". Alhamdulillah masih diselamatkan Allah meski waktu itu Hb sekitaran 3-4 (normal 10-12).
Taukah apa penyebabnya tukak lambung? yang menyebabkan perdarahan hebat shg HB turun.
     Pasien mengkonsumsi "jamu/herbal" yang belum tersandart, setelah minum itu badan terasa enak, pegal2 hilang dan akhirnya ketagihan. Biasanya kalau efeknya demikian, jamu/herbal itu sudah dikombinasi obat kimiawi sejenis steroid dengan dosis yang tidak terukur / dosis tinggi yg bikin enak di badan namun jangka panjang merusak badan, bisa tukak lambung, DM,osteoporosis dll.
       Hati2 dengan opini minum herbal itu tidak ada efek sampingnya, ternyata opini itu salah. Kita harus bijak memilih herbal/ jamu yg sehat syukur2 sudah herbal tersandar atau fitofarmaka.


Gambar 2. Adanya perdarahan dilambung.

          Smoga share informasi kesehatan ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan anda, Konsultasikan kesehatan anda pada dokter keluarga anda.




#herbalmedicine #bijak #rasional#gastritis#maag#RSUNS#endoskopi

No comments:

Post a Comment