SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP

SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP
RSI FATIMAH CILACAP

Saturday, November 26, 2011

Catatan dokter Agus tentang DRR (143)

Pada hari Rabu, tanggal 27 Oktober 2010

Jam 08.30 wib, Tim DRR  sidareja yaitu dr.Agus, mas Indra, Sr. Editha, dan bu wiwin pergi ke Balai desa untuk mempersiapkan tempat rencana pertemuan Tim PRB desa, perwakilan tokoh masyarakat dan Tim Perdhaki Pusat untuk membahas rencana pembuatan jalur evakuasi yang telah disepakati berdasarkan kajian pedesaan partisipatif di dusun Kauman desa gunungreja. Hari ini bu irene dari perdhaki pusat berhalangan hadir karena beliau harus pergi ke yogyakarta untuk membantu koordinasi emergency respon terhadap musibah bencana merapi yang terjadi tadi malam.
Jam 09.00 wib, diadakan acara pertemuan Tim PRB desa dengan Tim DRR sidareja dengan agenda acara sebagai berikut:
• Pembukaan oleh Tim DRR Perdhaki Unit Sidareja
• Sambutan Bp. Lurah Lasiman sebagai ketua Tim PRB desa Gunungreja
• Sambutan Bp. Siswanto dari Polsek Sidareja (Petugas Babinkamtibmas Sidareja)
• Diskusi tentang proposal dan kesiapan swadaya masyarakat dalam pembuatan jalur evakuasi
• Penutup
       Dalam rangka menindaklanjuti hasil pembuatan jalur Evakuasi sebagai hasil rekomendasi dari pertemuan bersama warga masyarakat Desa Gunungreja maka tim PRB (Pengurangan Resiko Bencana ) desa Gunungreja perlu menyusun Action Plan (Rencana Kegiatan selanjutnya) dan sangat perlu melakukan sosialisasi kepada masyarakat desa secara menyeluruh, sehingga jalur evakuasi ini benar-benar dipahami keberadaannya dan digunakan secara tepat terutama pada saat terjadi banjir. Proposal jalur evakuasi yang telah diajukan ke CORDAID perlu dilakukan survey lokasi dan konfirmasi ulang oleh tim DRR Perdhaki Pusat sebelum dana stimulan program Pengurangan Resiko Bencana dicairkan. Mengingat pentingnya hal tersebut maka tim Fasilitator DRR Perdhaki Unit Sidareja akan mengadakan pertemuan dengan tim PRB desa Gunungreja beserta perwakilan tokoh masyarakat dusun Kauman desa Gunungreja.
Dalam Pertemuan ini dilaksanakan proses yaitu:






  1. Dialog langsung bersama Tim PRB desa gunungreja dan perwakilan tokoh masyarakat      berkaitan dengan proposal pembuatan jalur evakuasi.
  2. Survey lokasi yang akan dijadikan jalur evakuasi yang telah disepakati dalam proposal pembuatan jalur evakuasi.


No comments:

Post a Comment