SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP

SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP
RSI FATIMAH CILACAP

Sunday, May 8, 2011

Catatan dokter Agus tentang DRR (88)

Pada Hari Rabu, Tanggal 20 Januari 2010
Jam 09.00 Wib, dr. Agus Pergi Ke PUSKESMAS Sidareja untuk bertemu dengan Kepala Puskesmas Sidareja yaitu dr. Eva Kordiana S, dalam rangka menyampaikan surat Undangan Kunjungan Tim Cordaid ke Desa Gunungreja.
Jam 10.00 Wib, dr. Agus dan mas Indra berkoordinasi tentang persiapan pertemuan kelompok warga RW 04 Dusun Gunungreja, yang akan dilaksanakan dirumah bapak pembantu kadus yaitu bp. Khaelani.
Jam 14.00 Wib, dr. Agus dan Mas Indra menuju ke dusun Gunungreja untuk mengadakan pertemuan dengan kelompok warga RW 04.
Dr. Agus bertemu dengan pak Kadus Sohil dirumahnya, membicarakan persiapan pertemuan yang akan dilaksanakan pukul 14.30 Wib siang ini.
Jam 14.30 Wib, Acara pertemuan dengan warga di rumah bp.Khaelani sebagai pembantu kadus desa gunungreja.






Acara pertemuan dimulai dengan pembukaan oleh pak Kadus Sohil, menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan yang dilaksanakan hari ini yaitu dalam program pengurangan resiko bencana.
Jam 14.30 Wib, dr. Agus memperkenalkan istilah-istilah bencana dimana peserta membacakan istilah-istilah bencana secara bergantian dan sharing tentang apa yang mereka ketahui tentang istilah kebencanaan. Selanjutnya dr. Agus menjelaskan tentang paradigma bencana lama dengan paradigma bencana pengurangan resiko bencana.
Pada tahap Kajian Pedesaan Partisipatif peserta dibagi menjadi kedalam 4 kelompok, yang mengkaji kajian ancaman dengan menggunakan matrix ancaman dan pohon ancaman, kajian kerentanan menggunakan matrix kerentanan, kajian kapasitas dengan menggunakan melakukan matrix kapasitas dan diagram Venn. Dalam pertemuan di RW 04 di dominasi oleh kelompok ibu-ibu yang semangat memberikan ide atau pemikiran dalam masing-masing kajian. Kelompok bapak-bapak juga semangat ikut serta dalam menganalisa kajian kebencanaan di wilayah dusun Gunungreja.
Jam 17.00 Wib acara selesai dengan menghasilkan rekomendasi dari masing-masing kelompok pada setiap kajian yaitu kajian ancaman, kajian kerentanan dan kajian kapasitas.
Sore ini hujan deras sekali, sejak jam 4an disertai dengan angin dan petir, selesai acara dr. Agus rencana pulang ke rumah, tetapi di jalan raya yang menuju Cipari desa serang terjadi banjir lewat yang mengenang jalan raya sehingga tidak bisa dilewati oleh kendaraan sedangkan desa Gunungreja tidak terendam banjir saat hujan deras kali ini.
Jam 17.30 – 20.00 Wib, dr.agus berkunjung ke rumah pak kadus Sohil sambil menunggu banjir dijalan raya Cipari surut.

No comments:

Post a Comment