SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP

SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP
RSI FATIMAH CILACAP

Sunday, May 8, 2011

Catatan dokter Agus tentang DRR (86)

Pada hari Senin, Tanggal 18 Januari 2010
Hari ini adalah persiapan untuk pertemuan Kajian Pedesaan Partisipatif di Dusun Gunungreja yang akan dilaksanakan di kelompok warga RW 03.
Jam 10.00 Wib, Bp. Kadus dusun Gunungreja datang ke BP Adi Dharma bertemu dengan dr. Agus untuk berkoordinasi tentang persiapan acara pertemuan warga yang akan dilaksanakan pada pukul 14.00 Wib, di rumah bapak Pariyun (Ketua RW 03). Pak Sohil juga menginformasikan bahwa pada hari minggu kemarin telah dilakukan kerja bakti massal oleh masyarakat yaitu pembersihan got-got dan normalisasi drainase.






Jam 13.00 Wib, Tim fasilitator unit Sidareja yang terdiri dari dr. Agus, Sr. Editha dan mas Indra siap-siap berangkat menuju ke dusun Gunungreja untuk mengisi pertemuan acara kelompok warga RW 03 di rumah bapak Pariyun.
Acara dimulai pukul 14.00 Wib, dibuka oleh bapak. Kadus Gunungreja yaitu pak Sohil dengan membacakan susunan acara untuk pertemuan di kelompok warga RW 03, acara selanjutnya sambutan dari pak Lurah Lasiman tentang tujuan pertemuan pada hari ini yaitu masyarakat belajar bersama menganalisa tentang kebencanaan dan memiliki kesiapsiagaan dalam mengahadapi bencana diwilayah dusun Gunungreja.
Jam 15.00 wib, dr. Agus memandu warga untuk belajar bersama tentang istilah-istilah kebencanaan dengan memberikan kesempatan kepada peserta mensharingkan tentang istilah bencana yang sudah dibagikan secara random, peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya tentang istilah bencana yang belum mereka pahami, selanjutnya menjelaskan paradigma bencana lama dengan ditinjau dari pengurangan resiko bencana.
Jam 15.30 Wib, dr. Agus memandu peserta menjadi 5 kelompok ada kelompok bapak-bapak, ibu-bu dan anak muda, dilakukan kajian ancaman dengan menggunakan matrix ancaman dan pohon ancaman, kajian kerentanan dengan menggunakan matrix kerentanan dan peta kerentanan, kajian kapasitas dengan menggunakan diagram venn. Masing-masing kelompok mempresentasi hasil diskusi dan kajian kebencanaan yang dipandu oleh tim fasilitator. Acara pertemuan kelompok warga RW 03 selesai pukul 17.00 Wib.

No comments:

Post a Comment