SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP

SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP
RSI FATIMAH CILACAP

Sunday, May 8, 2011

Catatan dokter Agus tentang DRR (85)

Pada Hari sabtu, Tanggal 16 Januari 2010
Jam 09.30 Wib, dr. Agus, mas Indra, dan Sr. Editha, mengadakan rapat persiapan tentang pelaksanaan Kajian Bersama masyarakat RW 02 yang akan dilaksanakan malam ini dimulai pukul 20.00 Wib di Balai Desa Gunungreja. Selain itu dr. Agus mendapatkan informasi dari bu Wiwin bahwa Tim Cordaid akan datang mengunjungi Desa Gunungreja selama 2 Hari pada hari Jumat-Minggu tanggal 22 Januari-23 Januari 2010






Jam 11.30 Wib, dr. Agus dan mas Indra pergi ke Gunungreja bertemu dengan pak Lurah Lasiman untuk sharing tentang kegiatan Kajian bersama yang sudah dilaksanakan di RW 01 dan menginformasikan tentang rencana kedatangan Tim Cordaid ke desa Gunungreja
Jam 19.15 Wib, Tim Fasilitator yaitu dr. Agus, Bu Wiwin, Mas Indra dan Sr.Ambros berkumpul di Aula Chevalier untuk siap-siap berangkat ke Balai desa mengadakan pertemuan dengan warga RW 02.
Acara dimulai pukul 20.30 Wib, dibuka oleh bu wiwin dengan menjelaskan tujuan pertemuan hari ini, peserta berasal dari RW 02, jumlah peserta yang hadir tidak banyak karena pada malam ini ada mantan perangkat desa Gunungreja ada yang meninggal sehingga banyak warga yang ikut takziah.
Acara selanjutnya adalah pak Lurah lasiman menjelaskan pertemuan yang dilksanakan pada malam ini bahwa masyarakat diharapkan ikut berpartisipatif aktif dalam pengurangan resiko benjana dengan melakukan kajian-kajian yang akan dipandu oleh tim fasilitator DRR perdhaki unit Sidareja. Kemudian dr. Agus Memandu acara bagi peserta dengan belajar mengenalkan istilah-istilah bencana yang sering dipakai dalam kajian pedesaan partisipatif, metode pembelajaran bagi peserta yaitu dengan membacakan istilah bencana secara bergantian dan sharing tentang pengalaman kebencanaan yang telah mereka rasakan.
Acara selanjutnya yaitu bu Wiwin memperkenalkan paradigma bencana lama dengan paradigma pengurangan resiko bencana, peserta diajak sharing dan memberikan pendapat tentang hal-hal yang berkaitan dengan bencana, korban, penanganan korban, keterkaitan lembaga eksternal dll .
Jam 22.00 Wib, peserta pertemuan di bagi menjadi kedalam 3 kelompok untuk bersama-sama mengkaji tentang kerentanan dan kapasitas, yaitu matrix kajian kerentanan, peta kerentanan, matrix kajian kapasitas dan diagram Venn. Setelah mengkaji dalam masing-masing kelompok sesauai dengan tugasnya masing-masing dipandu oleh tim fasilitator dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan kajian kemudian peserta menuliskannya ke dalam flip chart. Perwakilan kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kajian mereka dan adanya diskusi serta umpan balik dari peserta lain untuk memberikan komentar, saran, kritik dan menambahkan kekurangan yang ada pada presentasi yang dibawakan oleh kelompok.
Acara pertemuan selesai pukul 23.30 Wib, selanjutnya tim fasilitator ikut takiah ke rumah mantan perangkat desa Gunungreja yang meninggal di RS Cilacap.

No comments:

Post a Comment