SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP

SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP
RSI FATIMAH CILACAP

Sunday, May 8, 2011

Catatan dokter Agus tentang DRR (83)

Pada Hari Selasa,Tanggal 12 Januari 2009
Hari ini adalah pelaksanaan pertemuan dengan warga masyarakat kelompok RW 01 yang akan dilaksanakan di rumah pak H.Supriyono, pukul 19.30 Wib, Tim mempersiapkan segala sesuatunya untuk penyampaian materi dan pengisian format kajian di flipchart, dimana warga masyarakat akan menuliskan isi dari tool-tool kajian yang akan mendukung pelaksanaan kajian kebencanaan di desa Gunungreja.






Jam 10.00 Wib, Bp Kadus Kauman yaitu Bp. Ahmad Faozan datang ke BP adi Dharma untuk koordinasi tentang persiapan pelaksanaan kajian bersama masyarakat di RW 01 nanti malam.
Jam 19.15 Wib, Tim Fasilitator yang terdiri dari dr. Agus, Sr. Editha, dan mas Indra berkumpul di Sidareja untuk berangkat ke rumah pak H. Supriyono di RW 01. Tim Fasilitator tiba disana tetapi karena kebiasaan warga untuk pertemuan sesudah melaksanakan ibadah solat isya, jadi waktu pelaksanaannya menjadi mundur yaitu pukul 20.30 Wib, tim tetap sabar menunggu menanti kedatangan warga yang telah diundang oleh pak Kadus untuk bersama-sama melakukan kajian pedesaan partisipatif.
Acara di mulai pada pukul 20.45 Wib, diawali dengan sambutan dari pak Kadus Ahmad Faozan, perkenalan dari masing-masing Tim fasilitator yaitu dr. Agus, Sr.Editha dan mas Indra,Selanjutnya adalah materi yang disampaikan oleh dr.Agus mengenai pengenalan istilah bencana dengan memberikan kartu istilah bencana kepada peserta yang akan dibacakan secara bergantian sehingga peserta bisa belajar dan menerangkan tentang istilah bencana, Acara selanjutnya adalah dr. Agus memberikan pengertian kepada warga tentang paradigma bencana lama dengan paradigma bencana PRB, dan peserta diajak sharing tentang pemahaman ke bencanaan ini.
Jam 21.30 WIb Pak Lurah hadir ke pertemuan warga dan memberikan sambutan tentang pelaksanaan kegiatan ini yang akan dilaksanakan ke semua RW di desa Gunungreja. Acara selanjutnya adalah warga di bagi menjadi 2 kelompok untuk membuat kajian tentang matrix ancaman dan pohon ancaman, setelah itu masing-masing peserta mempresentasikan hasil dari pemahaman dan pemikiran mereka yang dituangkan dalam matrik matrik ancaman, Peserta lainnya mendengarkan dan ada sesi untuk tanya jawab bagi presentasi kelompok yang maju memaparkan ide dan rekomendasinya.
Acara selesai pada pukul 23.30 Wib, Tim Fasilitator pulang setelah ikut membantu membersihkan tempat pertemuan yang disediakan di rumahnya pak H. Supriyono

No comments:

Post a Comment