SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP

SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP
RSI FATIMAH CILACAP

Sunday, May 8, 2011

Catatan dokter Agus tentang DRR (81)

Pada Hari Minggu, Tanggal 10 Januari 2009
dr. Agus membuat TOR kegiatan Kajian Pedesaan Partisipatif kelompok RW 01, RW 02, RW 03 dan RW 04 Desa Gunungreja, untuk kegiatan yang akan dilaksanakan di masyarakat desa Gunungreja.
Latar Belakang kegiatan ini:
Desa Gunungreja merupakan daerah yang sering mengalami bencana banjir di wilayah kecamatan Sidareja, warga masyarakat sebagian besar masih memiliki pemahaman tentang paradigma bencana lama, mengharapkan bantuan dari pihak luar jika terjadi bencana masih begitu kental dalam konsep pemikiran mereka. Tim Fasilitator Unit Sidareja sejak bulan September 2008 sudah masuk dan mendampingi kegiatan di desa dalam memperkenalkan konsep Pengurangan Resiko Bencana (PRB). Pengenalan PRB dan pelatihan dimulai dari perangkat pemerintahan di desa sampai aparat pemerintahan RW, RT dan tokoh masyarakat. Tim PRB desa Gunungreja yang sudah terbentuk merupakan kader dan motor penggerak dalam memperkenalkan konsep PRB kepada masyarakat desa Gunungreja.
Kegiatan Kajian Pedesaan Partisipatif (KPP) yang akan dilaksanakan pada bulan ini langsung masuk ke kelompok masyarakat masing-masing RW yang ada di desa Gunungreja didampingi oleh Tim Fasilitator Unit Sidareja dan Tim PRB desa Gunungreja, sehingga bisa dilaksanakan kajian bersama warga masyarakat yang tidak pernah dilibatkan dalam acara / kegiatan di desa. Kajian ini nantinya akan menggunakan Tool-tool PRA yang akan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi warga masyarakat berkaitan dengan Pengurangan Resiko Bencana Desa Gunungreja.
TUJUAN:
a) Mendapatkan kajian PRA yang lebih baik dan mewakili seluruh masyarakat desa Gunungreja
b) Masyarakat mengenal konsep Pengurangan Resiko Bencana.
c) Merubah Paradigma masyarakat tentang kebencanaan
d) Masyarakat mampu melakukan kajian-kajian ancaman, kerentanan, dan kapasitas secara partisipatif
e) Masyarakat mampu membuat rencana aksi yang sesuai dengan kebutuhan desanya


No comments:

Post a Comment