SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP

SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP
RSI FATIMAH CILACAP

Friday, May 6, 2011

Catatan dokter Agus tentang DRR (69)

Pada Hari Rabu, Tanggal 9 Desember 2009
Jam 08.00 Wib, dr. Agus ke SMK Yos Sudarso bertemu dengan pak Parsian untuk menyampaikan undangan resmi dan meminta ijin bu Wiwin untuk mengikuti pelatihan manajemen proyek di Jakarta, tanggal 14 Desember – 19 Desember 2009.
Jam 09.00 Wib, dr. Agus, bu Wiwin dan Sr. Editha rapat Koordinasi persiapan materi bagi peserta pelatihan di Gunungreja Hari ini.
Jam 12.30 Wib, dr. Pras dan mbak Widya datang ke Sidareja, dr. Pras sebagai koordinator Regio Purwokerto juga akan memberikan materi pada saat penyegaran tim PRB desa hari ini.TUjuan kegiatan ini:
1. Meningkatkan kapasitas tim PRB desa Gunungreja dengan mereview materi-materi yang berkaitan dengan konsep PRB.
2. Kajian bersama tim PRB desa dan fasilitator tentang hasil rekomendasi kajian yang sudah atau belum diterapkan didesa Gunungreja.
3. Penguatan tim PRB desa Gunungreja dengan cara evaluasi dan koordinasi setiap kegiatan yang sudah dilaksanakan yang berkaitan dengan PRB.
4. Koordinasi tim desa dan fasilitator untuk memperkenalkan konsep PRB kedalam kelompok-kelompok masyarakat desa Gunungreja.
Jam 13.30 Wib, Tim DRR Sidareja yaitu dr. Prastowo, dr. Agus, Bu Wiwin, Sr. Editha, Bu Goreti, Mas Indra dan Mbak Widya berangkat bersama menuju ke Balai Desa Gunungreja sebagai fasilitator pelatihan tim PRB desa Gunungreja.
Acara dimulai pukul 14.00 wib dipandu oleh bu Wiwin, dengan diawali pembukaan Doa, kata pengantar dari Tim DRR Perdhaki Unit Sidareja tentang tujuan pelatihan pada hari ini, selanjutnya sambutan dari pak Lurah Lasiman, beliau antusias dan senang sekali acara pelatihan ini bisa diselenggarakan kembali untuk merefresh pengetahuan tentang PRB, mengkoordinasi, dan mengevaluasi kegiatan yang sudah dilaksanakan di desa Gunungreja berkaitan dengan penanggulangan Bencana, kegiatan yang sudah terealisasi yaitu pengerukan anakan sungai oleh Balai Besar Citanduy setelah proposal di ACC pada bulan November, Pembangunan Drainase, proyek penghijauan, peninggian dan semenisasi jalan gang yang sering kebanjiran, dan pengaspalan jalan.






Acara selanjutnya dr. Agus memberikan review materi dan menyampaikan 10 kegiatan / Pelatihan berkaitan dengan Pengurangan Resiko Bencana yang sudah dilaksanakan didesa Gunungreja selama 1 tahun ini, pelatihan-pelatihan tersebut berdasarkan rekomendasi kajian PRA yang dilaksanakan bersama-sama di balai desa selama 3 hari pada Bulan Januari 2009.
Acara selanjutnya dipandu oleh dr. Pras, yaitu mengevaluasi pengetahuan peserta dari tim PRB desa perwakilan masing-masing RW di desa Gunungreja. Peserta dibagi menjadi 3 Kelompok untuk mendiskusikan dan mempresentasikan pelaksanaan Rekomendasi Kajian PRA pada bulan Januari 2009, yaitu Rekomendasi Kajian Ancaman (16 Januari 2009), Rekomendasi Kajian Kerentanan (23 Januari 2009), dan Kajian Kapasitas (30 Januari 2009). Dari presentasi tersebut masing masing kelompok bisa menjelaskan kegiatan yang sudah dilaksanakan dan yang belum dilaksanakan berdasarkan rekomendasi kegiatan PRA.
Acara Pelatihan selasai pukul 16.30 Wib, ditutup dengan doa oleh Bu Lurah Lasiman, dan Foto Bersama Tim PRB Desa dengan Tim Fasilitator Perdhaki Unit Sidareja.

No comments:

Post a Comment