SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP

SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP
RSI FATIMAH CILACAP

Wednesday, May 4, 2011

Catatan dokter Agus tentang DRR (54)

Pada Hari Sabtu, Tanggal 13 Juni 2009
Jam 15.00 Wib, dr. Agus dan bu Wiwin bertemu dengan pak lurah Lasiman untuk koordinasi dan membicarakan persiapan pelatihan warga desa Gunungreja tentang Bokahsi dan sistem vertikultur yang akan dilaksanakan di Balai desa dengan mengundang warga dari 15 RT di Gunungreja, tiap RT perwakilan sebanyak 2 orang yang akan didampingi oleh 10 orang perwakilan warga yang sudah mengikuti pelatihan di SMK Yos Sudarso Sidareja minggu lalu.
Pada Hari selasa, Tanggal 16 Juni 2009
Jam 14.00 Wib, dibalai desa Gunungreja diadakan pelatihan dan praktek pembuatan bokashi yang diikuti oleh warga desa dari perwakilan 15 Rt di desa Gunungreja, Pak lurah Lasiman memberikan sambutan tentang maksud dan tujuan dari pelatihan ini merupakan kegiatan tindak lanjut dari kajian bersama yang sudah dilaksanakan pada bulan januari yang lalu, dan masyarakat diharapkan sadar akan lingkungan dengan mengelola sampah sebaik baiknya agar tidak mencemari lingkungan yang merupakan salah satu faktor penyebab banjir di Gunungreja, dari sampah tersebut bisa dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk organik. Pada kegitan ini diperkenalkan sistem baru untuk memanfaatkan sampah dengan cara pembuatan bokashi, merupakan media tanam yang subur bagi sayuran tanpa menggunakan media tanah.
Selanjutnya pemberian materi tentang Bokashi di pandu oleh Pak Marino dan bu Wiwin dari SPP, beliau memperkenalkan konsep pembuatan boksahi yang merupakan media tanam untuk pertanian dengan memanfaatkan sampah organik, dedak, pupuk kandang dan EM4, kemudiaan dilakukan fermentasi selama 5 hari, jika sudah jadi akan muncul jamur dipermukaan bokahi tersebut, berarti sudah siap sebagai media tanam untuk sayur sayuran.
Jam 15.00 Wib, peserta langsung melakukan praktek pembuatan bokashi dengan menggunakan bahan bahan yang sudah dibawa oleh warga yaitu sekam padi, dedak, pupuk kandang dan EM4 dengan perbandingan yang sudah ditentukan, selanjutnya warga juga diajari tentang pembuatan penanaman bibit sayuran (bibit CEISIM) dengan media tanam dari bokashi dimasukan kedalam polibag polibag. Acara selesai pukul 17.00 Wib.





No comments:

Post a Comment