SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP

SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP
RSI FATIMAH CILACAP

Tuesday, May 3, 2011

Catatan dokter Agus tentang DRR (42)

Pada Hari Jumat, Tanggal 30 Januari 2009
Jam 11.30 Wib, Tim Fasilitator yaitu dr. Agus, dr. Pras, Sr. Editha, Bu wiwin, dan Bu Goreti Rapat persiapan di sidareja, koordinasi untuk KPP hari ke-3 dibalai desa Gunungreja.
Jam 13.30 Wib, Tim fasilitator berangkat ke balai desa Gunungreja, Acara dimulai jam 14.00 Wib yang dibuka oleh dr. Pras. Selanjutnya dr. Agus memberikan presentasi tentang Cara pembuatan Peta Kerentanan daerah Gunungreja yang sering mengalami bencana banjir, Materi tentang Kapasitas dan Matriks Kajian Kapasitas, serta materi tentang Diagram Venn. Selesai Presentasi acara selanjutnya adalah dinamika kelompok yaitu diskusi masing-masing kelompok sesuai dengan tugasnya masing-masing. Kelompok I Membuat Peta Ancaman banjir dan daerah-daerah yang rentan terhadap ancaman banjir tersebut, Kelompok II membuat Matriks Kajian Kapasitas yang dimiliki oleh desa Gunungreja, sedangkan kelompok yang terakhir membahas Diagram Venn, sesuai dengan kelembagaan yang ada di desa Gunungreja yang berperan dalam Proses Pengurangan Resiko Bencana. Masing-masing Kelompok mempresentasikan hasil kajian dan rekomendasi dari hasil kajian tersebut.
Jam 15.00 Wib, Acara dipandu oleh dr. Pras, tentang Tahap Konsolidasi, semua rekomendasi yang sudah tercantum dalam semua kajian dirangkum dan dikelompokkan bersama-sama dengan melibatkan peseta kelompok diskusi untuk di Golongkankan menjadi Tahap Pencegahan, Mitigasi, Tanggap Darurat atau Peningkatan Kapasitas.
Jam 16.00 Wib, Acara selanjutnya adalah Rencana Tindak Lanjut yang dipandu oleh Bu Wiwin, dari rekomendasi yang telah dikelompokkan berdasarkan kriteria Tahap Konsolidasi diajukan prioritas utama yang akan dilaksanakan menjadi rencana aksi dalam masyarakat. Peserta mengemukakan pendapatnya masing-masing tentang Rencana Tindak Lanjut, dari kesepakatan yang ada maka dibuat rencana aksi nyata yang akan dilakukan yaitu:
a) Proses Penanganan Sampah yang ada di dalam masyarakat, sampah tersebut merupakan salah satu penyebab terjadinya banjir. Dalam rencana tersebut diusulkan supaya masyarakat dikoordinasikan untuk mengambil sampah di Lingkungan sekitarnya dengan cara dikumpulkan, dipisahkan, dan diolah menjadi pupuk organik. Tiap-tiap rumah punya tong sampah khusus yang akan diangkut dan diolah di Tempat Penampungan Sampah (Pak Lurah bersedia menyediakan Lahan untuk tempat penampungan Sampah, yang jauh dari Pemukiman Warga). Peningkatan pengetahuan tentang pengelolaan sampah dan pembuatan pupuk organik akan diadakan Hari Sabtu, tanggal 7 Februari 2009
b) Usulan untuk pengerukan selokan yang dangkal secara bersama-sama oleh masyarakat terutama daerah RW I (Anakan Sungai dari belakang MTS perlu digali dan dilebarkan).
c) Penormalisasian anak sungai (Proposal sudah diajukan ke Gubernur).
d) Kerjabakti membersihkan eceng gondok yang ada dialiran sungai.
Acara Selesai pukul 17.00 Wib, yang dikuti acara foto bersama semua peserta Kajian Pedesaan Partisipatif Pedesaan desa Gunungreja.








No comments:

Post a Comment