SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP

SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP
RSI FATIMAH CILACAP

Sunday, May 15, 2011

Catatan dokter Agus tentang DRR (111)

Pada Hari Sabtu, Tanggal 13 Maret 2010

         Hari ini adalah acara pertemuan tim peer review mitra CORDAID dengan tim fasilitator perdhaki unit sidareja, tim PRB desa Gunungreja, pihak kecamatan, aparat desa, anggota DPRD, Puskesmas, BPBD dan warga masyarakat desa gunungreja yang telah mengikuti kegiatan PRB didesa Gunungreja.
            Acara Selanjutnya adalah dipandu oleh dr.agus sebagai moderator dilaksanakan forum diskusi/ dialog interaktif antara Tim Peer Review yaitu Pak Pras (PUSAKA) dan mbak Dian (INSIST) dengan warga masyarakat, Tim PRB desa, pihak kecamatan,BPBD, anggota DPRD Cilacap yang hadir di balai desa Gunungreja mengenai kegiatan PRB yang sudah dilaksanakan di desa Gunungreja. Pertemuan kunjungan mitra Cordaid ini selesai pada pukul 12.30 Wib.








Acara pertama adalah Sambutan dari lurah desa gunungreja yaitu pak Lasiman:
- Penghormatan dan ucapan terima kasih kepada tim peer review, Camat sidareja, anggota DPRD Cilacap, kepala Bidang I BPBD Cilacap, perwakilan Puskesmas, Tim Fasilitator Perdhaki unit sidareja, LSM LPPSLH Purwokerto, tim PRB desa, para tokoh dan warga masyarakat yang telah hadir di balai desa Gunungreja.
- Banjir yang terjadi diwilayah desa Gunungreja saat ini frekuensi dan keadaannya tidak sebesar dulu, sebelum dilakukan pengerukan anakan sungai citengah dan program pengurangan resiko bencana, dalam tempo sehari banjir bisa cepat surut,dan banjir tidak sampai mengakibatkan korban jiwa.
- Dalam Program Pengurangan Resiko Bencana di wilayah desa Gunungreja warga masyarakat telah melakukan kajian-kajian kebencanaan, dicari solusi secara bersama-sama yang menghasilkan rekomendasi-rekomendasi sebagai rencana aksi dari masyarakat desa gunungreja.
- Kegiatan yang telah dilaksanakan dan merupakan rencana aksi masyarakat berdasarkan rekomendasi kajian yaitu:
Penormalisasian anakan sungai Citengah
Normalisasi drainase
Usulan ke Balai Besar Sungai Citanduy untuk penormalisasian sungai Citengah
Program penghijauan, dll.
- Kegiatan Pengurangan Resiko bencana yang dilaksanakan oleh masyarakat desa Gunungreja didampingi serta difalitasi oleh tim fasilitator Perdhaki unit Sidareja
Sambutan dari pak Camat Sidareja yaitu Bp. Ach. Arifin sebagai berikut:
- Penghormatan kepada hadirin yang telah berkenan menghadiri acara kunjungan peer review mitra cordaid ke desa gunungreja.
- Kecamatan sidareja terdiri dari 10 desa, salah satunya adalah desa gunungreja yang merupakan desa percontohan di kecamatan sidareja hal ini berdasarkan pertemuan di kecamatan pada tahun 2008 tentang sosialisasi DRR. Desa Gunungreja juga menjadi kebanggaan untuk tingkat kabupaten.
- Pihak kecamatan merasa tersanjung atas kehadiran dari Tim CORDAID yang telah datang ke desa gunungreja untuk melakukan study lapangan dan saling bertukar pengalaman untuk program pengurangan resiko bencana.
- Desa gunungreja sering mengalami banjir karena secara geografis letaknya paling rendah di bandingkan desa lainnya sehingga setiap terjadi banjir besar wilayah gunungreja terkena dampaknya.
- Saat ini berdasarkan informasi dari BMG, wilayah indonesia mengalami perubahan cuaca yang ekstrem sehingga masyarakat perlu sigap dalam menghadapi bencana dan mewaspadai perubahan cuaca tadi sehingga bisa mengantisipasi bencana terutama banjir.
- Dengan adanya program PRB didesa gunungreja, masyarakat telah di ajari dan di bekali untuk mengenali resiko-resiko bencana banjir dan pelatihan-pelatihan pengurangan resiko bencana yang ada di wilayah desa gunungreja.
Sambutan dari anggota DPRD Cilacap yaitu bp. Ir. Y. Parsian sebagai berikut:
- Penghormatan kepada tamu undangan yang telah berkenan hadir di balai desa gunungreja pada hari ini.
- Bencana yang sering terjadi di indonesia merupakan dampak dari ulah manusia yang tidak bertanggung jawab terhadap lingkungan disekitarnya. Contohnya dari bencana banjir yang ada akibat dari penggundulan hutan, pembuangan sampah sembarangan, sistem tata ruang lingkungan yang tidak tepat sehingga berkurangnya daerah resapan air, adanya pendangkalan sungai akibat pemanfaatan tanggul yang tidak terkontrol. dll. Jadi bencana merupakan sebuah respon atau sistem yang terjadi dari perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab.
- Warga masyarakat harus peduli dan memiliki semangat yang tinggi untuk mencintai lingkungan dan alam sehingga bisa mengurangi dampak dari suatu bencana yang sering terjadi.
- Ditingkat pemerintahan daerah terutama di anggota dewan sudah mulai memikirkan untuk mengalokasikan dana anggaran sebesar 1 Milyard untuk seluruh kabupaten Cilacap dalam penanggulangan bencana yang sering melanda di wilayah Cilacap. Di tingkat kecamatan atau desa agar bisa mendapatkan bantuan dana tersebut perlu untuk mengajukan proposal yang bisa dimatangkan dalam rapat anggota dewan per semesternya.
- Diharapkan dengan adanya program PRB ini masyarakat bisa mandiri dan mencari solusi sendiri dalam mengatasi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan bencana,hal ini berdasarkan prinsip pemberdayaan masyarakat untuk kepentingan bersama.
Sambutan dari kepala bidang I BPBD Cilacap yaitu Bp. Hari sebagai berikut:
- Penghormatan kepada hadirin yang telah datang dalam acara pertemuan ini.
- Aplaus dan penghargaan kepada pak lurah Lasiman dengan adanya kegiatan PRB di desa Gunungreja ini yang didampingi oleh tim Fasilitator Perdhaki.
- Perkenalan dan penjelasan tentang BPBD yang ada di cilacap, merupakan badan di kabupaten Cilacap yang baru di bentuk dan merupakan pelopor pertama di Jawa Tengah.
- Kegiatan PRB merupakan amanat dari UU no. 24 Tahun 2007, didalamnya diatur kegiatan Pencegahan, mitigasi, tanggap darurat dan rehabilitasi pasca bencana.
- BPBD cilacap memiliki desa pendampingan / pilot Project yaitu ada 6 desa tangguh bencana, yang berada di wilayah rawan bencana, didampingi oleh tim fasilitator dari UNDP.
- Dengan adanya program PRB di desa Gunungreja diharapkan kegiatan ini bisa diduplikasikan di desa lainnya sehingga bisa membentuk masyarakat-masyarakat yang tangguh terhadap bencana di kecamatan sidareja pada khususnya, dan kabupaten Cilacap pada umumnya.
Selamat bahwa kecamatan Sidareja akan menjadi daerah percontohan untuk pengurangan resiko bencana, hal ini akan dilakukan kajian kebencanaan oleh Pihak LIPI.
Acara Selanjutnya adalah dipandu oleh dr.agus sebagai moderator dilaksanakan forum diskusi/ dialog interaktif antara Tim Peer Review yaitu Pak Pras (PUSAKA) dan mbak Dian (INSIST) dengan warga masyarakat, Tim PRB desa, pihak kecamatan,BPBD, anggota DPRD Cilacap yang hadir di balai desa Gunungreja mengenai kegiatan PRB yang sudah dilaksanakan di desa Gunungreja. Pertemuan kunjungan mitra Cordaid ini selesai pada pukul 12.30 Wib.

No comments:

Post a Comment