SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP

SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP
RSI FATIMAH CILACAP

Sunday, May 15, 2011

Catatan dokter Agus tentang DRR (106)

Pada Hari sabtu, Tanggal 6 Maret 2010

      Dari Cordaid Jogjakarta, ada berita bahwa sidareja akan dikunjungi tim peer review mitra cordaid, sehingga tim fasilitator perdhaki unit sidareja perlu mempersiapkan acara kunjungan tersebut.
Jam 09.00 Wib, di BP Adi Dharma, dr. Agus dan mas Indra berkoordinasi tentang pemanfaatan eceng gondok yang ada di wilayah desa gunungreja. Hari ini di wilayah dusun kauman desa gunungreja ada kerja bakti pengambilan eceng gondok di sungai citengah oleh kaum ibu-ibu.Tim fasilitator ikut mendokumentasikan kegiatan tersebut oleh mas indra. Pelopor pemanfaatan eceng gondok di dusun kauman adalah bu Marsiti, dibantu oleh 12 ibu ibu yang lainnya, kegiatan tersebut mayoritas dilakukan oleh kelompok ibu-ibu, mereka bekerja secara berkelompok masing masing kelompok terdiri dari 3 orang, membuat anyaman tali dari eceng gondok yang sudah dikeringkan. Penjualan anyaman tali eceng gondok harganya per kilogram, 1 kilogram harganya Rp. 4000,-, Pengiriman tali anyaman tali tersebut ke pengepul yang ada di Kawunganten, setiap pengiriman minimal sebanyak 25 Kg. Jadi setiap pengiriman bisa mendapat uang sebesar Rp. 100.000,- Hal ini bisa menambah pendapatan bagi rumah tangga dengan memanfaatkan eceng gondok yang berdasarkan kajian merupakan salah satu penyebab terjadinya banjir didaerah gunungreja.

Jam 14.00 Wib, dr. Agus dan mas indra bertemu dengan pak lurah lasiman koordinasi tentang rencana kunjungan peer review mitra cordaid dari yogyakarta, yang rencana akan berkunjung pada Tanggal 13 maret 2010.

Jam 14.30 Wib, dr. Agus dan mas indra, berkunjung ke pak kadus dusun




gunungreja yaitu pak Sohil, membicarakan rencana kunjungan tim peer review mitra Cordaid dan kegiatan pembuatan bokashi di wilayah RW 04 desa Gunungreja.

No comments:

Post a Comment