SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP

SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP
RSI FATIMAH CILACAP

Saturday, May 14, 2011

Catatan dokter Agus tentang DRR (101)

Pada Hari Minggu, Tanggal 14 Februari 2010
Banjir masih melanda desa desa gunungreja, jam 08.00 Wib, dr. agus dan dr. anton meninjau lokasi yang tergenang oleh banjir di dusun Kauman.
    Jam 10.30 Wib, di  Sidareja, dr.Anton, dr.Agus, mas indra dan pak Busro( ketua RT Dusun Gunungreja) berkumpul untuk sharing dan membahas kegiatan yang telah dilaksanakan di desa Gunungreja berkaitan dengan kajian pedesaan partisipatif pada hari sabtu kemarin.
   Jam 13.00 Wib, Ada Berita dari pak Alam Wijaya bahwa ketua BPBD Cilacap (Badan Penanggulangan Bencana Daerah Cilacap) akan berkunjung ke wilayah kecamatan Sidareja dan kecamatan Kedungreja yang tertimpa bencana banjir. Desa Gunungreja juga akan menjadi lokasi yang akan dikunjungi dan disurvei oleh tim BPBD Cilacap.
     Jam 13.30 Wib, Tim fasilitator Perdhaki unit Sidareja, Tim Perdhaki Pusat dan Tim LPPSLH berangkat menuju ke balai desa Gunungreja untuk persiapan Kajian Pedesaan Partisipatif (KPP) hari kedua, walaupun terjadi banjir kegiatan tetap dijalankan sesuai dengan planing yang telah dibuat. Tim menunggu sampai jam 15.00 Wib, peserta yang hadir masih sedikit,atas inisiatif dari pak nawa, diundang warga yang ada disekitar balai desa untuk hadir datang ke balai desa mengikuti kegiatan KPP, sharing dan diskusi berkaitan dengan pengurangan resiko bencana di wilayah desa Gunungreja, selain itu juga akan kedatangan tamu dari tim BPBD Cilacap. Jumlah warga yang hadir sebanyak 60 orang, berkumpul di balai desa untuk diskusi dan sharing bersama tim fasilitator dan tim BPBD Cilacap.






Jam 15.30 Wib, Tim dari BPBD Cilacap telah hadir, kegiatan langsung dimulai dengan agenda sebagai berikut:
1. Pembukaan
2. Prakata dari kades Gunungreja (Pak Lurah lasiman)
3. Penjelasan tentang kebencanaan dari Ketua Badan penanggulangan Bencana Daerah Cilacap yaitu Bp. Dangir Mulyadi.
- Kabupaten Cilacap merupakan pelopor untuk pembentukan BPBD di Jawa Tengah yang bertugas mengkoordinasikan dan mengatur penanggulangan bencana yang ada di wilayah kabupaten Cilacap.
- BPBD ada tiga kegiatan yang utama yaitu: 1) Program Pengurangan Resiko Bencana, 2) Program Tanggap Darurat Bencana, dan 3) Program Rekonstruksi- Rehabilatasi pasca bencana.
- Kegiatan PRB ini merupakan tanggung jawab bersama dan saling mendukung antara pihak pemerintah, swasta dan masyarakat
- Wilayah Cilacap barat merupakan daerah yang rawan bencana banjir, dan longsor karena kondisi geografis yang rendah dan adanya daerah perbukitan.
- BPBD juga memiliki 6 desa pendampingan program PRB yang ada di wilayah Cilacap bekerjasama dengan badan WHO yaitu UNDP.
- Tim BPBD merasa senang dan bangga dengan adanya program PRB didesa Gunungreja yang di fasilitasi oleh Perdhaki sehingga bisa menjadi partner yang solid untuk wilayah kabupaten Cilacap.
- BPBD sebagai badan yang baru dibentuk di kabupaten Cilacap memiliki fungsi: 1) Koordinasi, 2) Komando dan 3 ) Tanggap darurat bencana.
- Ucapan terima kasih dari pemerintah kabupaten Cilacap pada kegiatan DRR Project di wilayah desa Gunungreja kecamatan Sidareja, diharapkan desa Gunungreja sebagai desa percontohan Program PRB sehingga daerah lainnya bisa belajar ke desa gunungreja dalam mengurangi resiko bencana banjir yang sering terjadi hampir setiap tahun.

4. Fasilitasi diskusi oleh mas alam Wijaya:antara tim BPBD, Tim Fasilitator dengan warga masyarakat:
- Merasa bangga terhadap kabupaten Cilacap yang telah memiliki BPBD dan pelopor nomer 1 di propinsi Jateng, diharapkan kabupaten lain, misalnya Banyumas bisa meniru Cilacap untuk pembentukan BPBD.
- Masyarakat diajak “gendu-gendu rasa” atau sharing tentang program PRB, kesiap siagaan masyarakat dalam menghadapi bencana, pengenalan wilayah yang menjadi daerah rawan bencana, penyebab terjadinya bencana di wilayah kecamatan Sidareja, dan kerjasama dengan pihak pemegang kebijakan tentang kebencanaan yaitu kecamatan, puskesmas, instansi dinas termasuk dengan BPBD.
Acara pertemuan selesai pada pukul 17.00 Wib, ditutup dengan ramah tamah antara tim fasiliator perdhaki, tim LPPSLH dengan tim BPBD Cilacap.

No comments:

Post a Comment