SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP

SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP
RSI FATIMAH CILACAP

Sunday, February 6, 2011

Catatan dokter Agus tentang DRR (6)

URAIAN PELAKSANAAN HARI KE-1 (19 SEPTEMBER 2008) lanjutan....

Sambutan Camat Sidareja
1.Salut kepada panitia terutama ketuanya yang bertanggung jawab penuh dalam mempersiapkan acara pada hari ini.
2.Pentingnya acara ini karena Kecamatan Sidareja termasuk daerah rawan bencana, bukan hanya banjir tapi juga tanah longsor. Seperti kita ketahui bahwa di Sidareja telah dibangun Hotel Paradise yang mengangkat nama Sidareja tetapi sebagai akibatnya Sidareja kehilangan daerah penampungan air sementara apabila terjadi banjir.
3.TOT sangat efektif karena membantu peran pemerintah dalam pengurangan resiko bencana sehingga apabila terjadi bencana dapat lebih cepat tertanggulangi dengan adanya tenaga-tenaga yang telah dipersiapkan melalui TOT.
4.Pemerintahan setempat berterima kasih kepada Perdhaki selaku sponsor tunggal dalam pelaksanaan Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana di Kecamatan Sidareja.
5.Kerukunan antar umat beragama harus dijaga seperti kegiatan pada hari ini, walaupun penyelenggaranya Perdhaki tetapi melibatkan semua unsur tanpa membedakan agama, yaitu Instansi, desa, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Yang perlu diwaspadai bukan hanya perpecahaan antar umat beragama tetapi juga munculnya sempalan-sempalan agama. Dihimbau kepada masyarakat apabila mengetahui adanya hal tersebut agar segera melapor kepada pihak yang berwajib.
6.Dewasa ini semangat gotong royong berkurang, sebagai contoh kalau di undangan dicantumkan ada uang transport pasti peserta banyak yang hadir, jadi kalau tidak dicantumkan dan yang hadir kurang banyak mohon dimaklumi.
7.Selain semangat gotong royong yang berkurang, perilaku hidup bersih dan sehat juga berkurang, bisa dilihat bahwa Cilacap absen menerima Penghargaan Adipura selama kurang lebih 10 tahun.
8.Diharapkan masyarakat lebih meningkatkan semangat gotong royong dan perilaku hidup bersih dan sehat sehingga tahun ini Cilacap dapat menerima Penghargaan Adipura.

Sambutan Ketua Perdhaki pusat yang diwakili oleh Koordinator Program DRR Perdhaki Pusat (bu Irene Kusuma):
1.Permohonan maaf disampaikan oleh Koordinator Program DRR Perdhaki Pusat karena Direktur Perdhaki pusat tidak dapat hadir karena berhalangan sehingga diwakilkan oleh Koordinator Program DRR Perdhaki Pusat.
2.Ucapan terima kasih kepada Camat Sidareja yang telah mendukung penuh kegiatan pada hari ini.
3.TOT DRR bertujuan mengantisipasi sedini mungkin sebelum terjadinya bencana sehingga apabila terjadi bencana resikonya dapat diminimalisir.
4.Keberhasilan kegiatan ini akan lebih optimal apabila semua elemen yang ada di masyarakat ikut berpartisipasi secara aktif.
5.Selamat mengikuti kegiatan TOT DRR semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment