SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP

SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP
RSI FATIMAH CILACAP

Sunday, February 6, 2011

Catatan dokter Agus tentang DRR (5)

KEGIATAN PADA BULAN SEPTEMBER 2008
Dilaksanakan sosialisasi DRR yang dilaksanakan pada bulan puasa, selama 2 hari yaitu pada tanggal 19 dan 21 September 2008, laporan kegiatannya sebagai berikut:

TANGGAL PELAKSANAAN
1.Hari I : Jumat,19 September 2008 pk 13.30-18.30 wib, diikuti 92 peserta.
2.Hari II : Minggu, 21 September 2008 pk 13.30-18.30 wib, diikuti 74 peserta

TEMPAT PELAKSANAAN : Di Pendopo Kecamatan Sidareja Cilacap

PEMBICARA :

a.PERDHAKI REGIO PURWOKERTO : dr. Paulus DN Prastowo
b.PEMERINTAH DAERAH KAB.CILACAP : Ir. Y. Parsiyan, SPd.MM
c.LSM LPPSLH PURWOKERTO(LEMBAGA PENELITIAN&PENGEMBANGAN
SUMBERDAYA DAN LINGKUNGAN HIDUP) : Alam Wijaya,S.Hut

URAIAN PELAKSANAAN TOT-DRR UNIT SIDAREJA
HARI I :
Pendaftaran peserta TOT-DRR dimulai pukul 13.30 Wib (absensi masing-masing desa) jumlah peserta 92 orang (ada 1 desa yang tidak mengirimkan wakilnya yaitu desa Karanggedang.
Acara dibuka pk 14.30 oleh Pembawa Acara (M.Setyaningsih)
Dilanjutkan sambutan pembuka oleh ketua panitia (dr. Agus susanto).
1. Mengucapkan puji syukur kepada Allah sehingga kita bisa berkumpul di pendopo Kecamatan Sidareja dalam rangka Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana dengan tema Sidareja Emoh Bencana.
2. Kegiatan diselenggarakan oleh Panitia TOT-DRR Perdhaki Regio Purwokerto yang didukung dan difasilitasi Kecamatan Sidareja. TOT-DRR singkatan dari Training of Trainer (Pelatihan untuk menjadi Pelatih) Disaster Risk Reduction (Pengurangan Resiko Bencana). Dengan sosialisasi ini diharapkan peserta bisa menjadi guru dan menggurui yang lainnya. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari (19 dan 21 September 2008), jam 13.30 sampai dengan buka puasa. Pesertanya yaitu Muspika, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, perwakilan 10 desa, serta instansi-instansi di Kecamatan Sidareja.
3. Tujuan :
• Masyarakat memiliki pemahaman dan pengetahuan terhadap upaya-upaya mencegah bahaya agar tidak terjadi bencana.
• Masyarakat diberdayakan agar mampu mengenali bahaya yang akan terjadi dan mampu melakukan upaya-upaya agar tidak menimbulkan banyak kematian, kesakitan, dan kecacatan.
4. Kami berharap peserta mengikuti kegiatan ini dengan kesungguhan, memberikan masukan dan ide-ide, serta berperan aktif dlm diskusi.
Beruntung sekali kita kedatangan tim ahli ttg Pengurangan Resiko Bencana, yaitu dr. Prastowo (kesehatan), Ir. Y. Parsiyan, S.Pd.MM (kebijakan), dan Alam Wijaya (Manajemen Bencana).
Ucapan terima kasih atas dukungan semua pihak dan panitia dalam mempersiapkan ke




giatan ini dan minta maaf apabila masih ada kekurangan, serta mohon kritik dan saran yang membangun. Berdoa sebelum acara dimulai sesuai dengan keyakinan masing-masing.
Mengucapkan SELAMAT mengikuti kegiatan Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana.

2 comments:

  1. Mas Agus, saya dengar karya anda di sana dari Bu Irene PERDHAKI. Saya ucapkan selamat!

    ReplyDelete
  2. ya..bu irene perdhaki,orangnya luarbiasa,bisa menghandle semua program yang ditanganinya, hampir 4 daerah yang menjadi pilot project langsung beliau yang menghandle.

    ReplyDelete