SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP

SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP
RSI FATIMAH CILACAP

Wednesday, February 9, 2011

Catatan dokter Agus tentang DRR (16)

Pada Hari Selasa, Tanggal 25 November 2008

Hampir satu minggu ini hujan deras terus mengguyur Sidareja, Gunungreja yang merupakan daerah paling rendah di Sidareja mengalami kebajiran lagi, dan kali ini merupakan banjir yang terjadi lebih besar dari minggu sebelumnya, jika hujan terus tetap turun potensi untuk banjir terbesar selama bulan November 2008.

Jam 10.00 Wib, dr, Agus dan Sr. Editha survey ke desa Gunungreja dan pak lurah Lasiman memohon bantuan sembako untuk warga desanya yang terkena banjir, Pak lurah menjelaskan banyak tentang kronologi penyebab banjir di desa Gunungreja sehingga ketika ada hujan deras yang mengguyur secara terus-menerus maka akan menyebabkan banjir didesanya, Beliau sudah mengirimkan laporan kilat bencana ke kecamatan tetapi bantuan sembako belum datang juga.
Pulang dari Desa Gunungreja jam 11.40 Wib dr. Agus, Sr. Editha dan Sr. Ambrosia berkoordinasi untuk mencari bantuan sembako dengan mengirimkan imel ke PSE Purwokerto.
Isi imel yang dikirimkan:
PERMOHONAN BANTUAN EMERGENCY
Saya dr. Agus Susanto (BP Adi Dharma Sidareja) bersama Sr. Editha kami hari ini melakukan survey di desa Gunungreja sebagai bentuk kepedulian kami kepada masyarakat, desa Gunungreja kecamatan Sidareja mengalami banjir setinggi kurang lebih 75 cm, sudah masuk ke perumahan warga, berdasarkan keterangan dari pak lurah Gunungreja (Bp. Lasiman) jumlah KK yang tergenang banjir sekitar 500 KK meliputi daerah 4 RT. Pada tanggal 16 November 2008, kami sudah melakukan pengobatan gratis bekerjasama dengan yayasan Paramitha Cilacap dan Perdhaki Pusat, dengan total kunjungan 467 Pasen. Saat ini warga membutuhkan bantuan sembako berupa mie dan beras. Atas perhatian dan kepeduliannya kami haturkan terima kasih.

Dari pihak PS mendapat balasan imel sekitar jam 13.06 Wib, yang isinya:
Dr. Agus, terima kasih beritanya, kami turut prihatin atas bencana ini, untuk bantuan sedang kami koordinasikan karena Rm. Teguh pimpinan kami sedang berada diluarkota, secepatnya akan kami tindak lanjuti.





Pada hari Rabu, Tanggal 26 November 2008
Rm Budi mengirimkan imel pukul 00:14 Wib, yang ditujukan kepada Rm. Sigit dan mas Ari.
Isinya: Kepada Yth. Rm. Sigit dan Mas Ary
Tadi sore kami mengadakan koordinasi dengan Rm. Manto , pak Lasiman ( Kep.desa Gunungreja) dan Sr. Editha hasil koordinasi saya laporkan kepada mas Ari.

Jam 06.00 Wib, Sr. Editha kirim sms yang isinya mau menyerahkan bantuan ke Gunungreja sekitar jam 08.00 Wib. Saat itu hujan sedang deras-derasnya, dr. Agus berangkat jam 07.00 Wib, dijalan raya ada tempat yang terkena banjir sudah setinggi lutut orang dewasa sehingga mengendarai motor agak susah karena terhalang banjir.

Jam 08.30 Wib, Hujan masih mengguyur Sidareja, mobil jemputan sudah datang dr. Agus, Sr. Editha, Sr. Ambrosia, Rm Manto rencana mau berangkat ke Gunungreja, terlebih dahulu mampir ke toko mencari sembako Mie sebanyak 10 Dos.
Di Balai desa diterima oleh pak lurah Lasiman , secara simbolis menyerahkan bantuan Mie 10 Dos, Selimut 20 buah (dari Perdhaki Pusat) dan penyerahan obat yang rencananya akan digunakan sebagai posko pengobatan di lurah pak lurah jika ada warga desa Gunungreja yang sakit.

Jam 10.30 Tim PSE dari Purwokerto yaitu Bp. Sulis dan Bu Sisil datang ke BP Adi Dharma, Rencana akan menambah bantuan berupa Beras 2 Kwintal dan Mie 20 Dos, sekitar jam 11.00 Wib Rm. Manto ,dr. Agus, Sr. Editha, dan tim PSE bersama-sama menyerahkan bantuan ke Gunungreja, diterima oleh pak Lurah Lasiman.






No comments:

Post a Comment