SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP

SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP
RSI FATIMAH CILACAP

Monday, February 7, 2011

Catatan dokter Agus tentang DRR (13)

Pada hari Kamis, tanggal 13 November 2008

Jam 09.30 Wib, dr. Agus mengantarkan surat pemberitahuan pengobatan gratis di Gunungreja kepada PUSKESMAS di terima oleh bu Tatik karena kepala Puskesmas yaitu dr. Eva sedang ada rapat. Setelah dari Puskesmas langsung ke POLSEK Sidareja dan bisa bertemu langsung dengan pak Kapolsek Sidareja yaitu pak Jiman.

Jam 14.30 di Aula Chevalier dilaksanakan rapat pembubaran panitia Sosialisasi DRR di kecamatan Sidareja yang dilaksanakan pada bulan September kemarin. Jumlah panitia yang hadir sebanyak 18 Orang, dihadiri oleh dr. Prastowo selaku koordinator Perdhaki Regio Purwokerto, Bu yuli dan sr. Ana Maria meminta maaf tidak bisa hadir karena ada keperluan yang tidak bisa ditinggal.
Susunan Acara :
1. Pembukaan
2. Laporan / Presentasi Kegiatan Sosialisasi TOT-DRR yang telah terlaksana
3. Dan Rencana tindak lanjut CMDRR di Sidareja oleh Ketua Panitia
4. Kesan dan Pesan
5. Evaluasi Kegiatan TOT-DRR
6. Lain-Lain
7. Pembubaran Panitia


URAIAN:
1. Pembukaan
2. Laporan / Presentasi Kegiatan Sosialisai TOT-DRR yang terlaksana dan Rencana tindak lanjut CMDRR di Sidareja oleh Ketua Panitia (dr. Agus Susanto)
- Ketua Panitia mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik dari semua panitia sehingga kegiatan TOT-DRR dapat terlaksana dan berjalan lancar.
- Penjelasan tentang peserta, materi dan jalannya kegiatan selama 2 hari (lihat Filenya dr.Agus yang dipresentasikan). Sebagai catatan : Desa Karanggedang yang tidak mengirimkan peserta TOT-DRR karena kemungkinan kesulitan transportasi.
- Rencana pendampingan terhadap Desa Gunungreja sebagai desa terpilih untuk fokus CMDRR dan nantinya perlu ada Training lanjutan bagi tokoh/aparat desa untuk penanganan DRR di desa tersebut. Dasarnya adalah Surat Rekomendasi Kegiatan dari kecamatan, Nomer 360/450/X/2008 tentang Rekomendasi untuk memilih/menunjuk Desa Gunungreja sebagai desa percontohan Program DRR dikecamatan sidareja, hal ini sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan TOT-DRR yang telah dilaksanakan oleh Perdhaki Regio Purwokerto unit sidareja pada tanggal 19 dan 21 September 2008 di Pendopo Kecamatan Sidareja.
- Staf managemen rencananya akan mengikuti Training / pelatihan di Jakarta pada bulan Desember 2008 selama 5 hari. Untuk itu dipersiapkan mulai sekarang yang akan dikirim.
Traning di Jakarta akan diikuti oleh 4 daerah yaitu : Ruteng, Menado, Bengkulu dan Sidareja.

3. Kesan dan Pesan oleh Koordinator DRR Regio Purwokerto (dr.Prastowo)
- Profisiat untuk panitia TOT-DRR Unit Sidareja dan terima kasih atas kerjasama yang baik dan kompak.
- TOT-DRR yang telah dilaksanakan merupakan langkah awal kita untuk melaksanakan program CMDRR.
- Untuk kegiatan selanjutanya perlu koordinasi terus dengan Perdhaki pusat (dr.Agus selaku Project Administrator) agar jelas rencana programnya dan kita dapat melaksanakan program tersebut di lapangan dengan baik.
- Pengurus DRR Project yang sudah terbentuk agar dapat melaksanakan tugasnya sesuai Job Descriptionnya.

Break sebentar : Makan pecel bersama.

4. Evaluasi Kegiatan

(1) Bp. Parsiyan (selaku Wakil Ketua Panitia)
- Kegiatan TOT-DRR di Sidareja berdampak positif terhadap pemerintah daerah terutama tentang plot anggaran penanganan bencana di Cilacap sebesar 3,5 M untuk anggaran 2009.
- Desa Gunungreja termasuk desa yang dipatok untuk ditangani serius oleh pemerintah daerah.
- Pemerintah Daerah saat ini akan ambil bagian dalam penanganan DRR dan diprogramkan dalam APBD.
- DRR Project di Sidareja ini juga menyentuh perhatian Bupati Cilacap.
- Rencana untuk desa Gunungreja perlu diperkenalkan usaha rakyat Vertikultura dengan
menggunakan polybag untuk membantu mengatasi kekurangan sayur-mayur pada saat banjir.
- Kesan saya pribadi, pelaksanaan TOT-DRR sangat baik dan Pak Lurah Gunungreja terlihat sangat antusias dalam menangani desanya.

(2) Bp. AS.Benyamin (Sie Humas)
- Saya pribadi mohon maaf pada hari ke-2 tidak dapat mengikuti acara karena ada tugas gereja ke Hening Griya Baturaden, Purwokerto.
- Pelaksanaan acara TOT yang lalu dilaksanakan pada saat bulan puasa sehingga kegiatannya kurang total. Mungkin lain waktu hal ini harus dipertimbangkan.
- Kegiatan DRR tidak berhenti di sini, untuk itu perlu kerjasama yang terus menerus antar pengurus Project.
- Menurut saya, untuk Team DRR perlu adannya SK Pengurus dan Kartu Tanda Anggota, agar dalam melaksanaka tugas di lapangan tidak mengalami benturan dengan pihak-pihak terkait.
- Bu Rini Pambudi (Sie Humas membantu Sie Konsumsi)
- Untuk urusan makanan/konsumsi pada saat kegiatan hari ke-2 kurang 7 dos karena pada waktu itu ada pegawai kecamatan ada yang dating dan beberapa orang beserta keluarganya sehingga oleh panitia diberi jatah (tak masalah).

(3) Sr. Amanda (Sie Dekorasi)
- Maaf tidak dapat membantu secara total..
- Usul untuk lain waktu, personil Sie Dekorasi dan tempat perlu ditambah terutama laki-laki.

(4) Sr. Editha
- Mengucapkan terima kasih kepada para panitia yang telah bekerja keras untuk mempersiapkan acara TOT-DRR ini, semoga apa yang kita lakukan akan bermanfaat bagi masyarakat kita.
- Menanggapi usul Pak Beny tentang SK dan Tanda Anggota akan dibicarakan dengan Perdhaki Pusat.
- Setelah panitia TOT-DRR dibubarkan bukan berarti selesai tapi kita semua harus siap menerima tugas lain yang berkaitan dengan CMDRR ini.

Acara pembubaran panitia selesai pukul 16.30 Wib, dilanjutkan rapat koordinasi dengan team inti program DRR yaitu dr. Prastowo, dr. Agus,Sr. Editha, bu Wiwin dan bu Goreti. Dr. Agus pulang jam 19.00, hujan deras mengguyur sidareja karena mantel tembus sampai rumah menggigil kedinginan.

No comments:

Post a Comment