SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP

SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP
RSI FATIMAH CILACAP

Sunday, February 6, 2011

Catatan dokter Agus tentang DRR (10)


Pada Hari Sabtu,Tanggal 8 November 2008

Jam 09.00 Wib, Ada berita bahwa desa Gunungreja mengalami banjir yang meluas terutama di dusun Kauman yang merupakan wilayah rawan banjir, Korban bencana berdasarkan survei pak Lasiman semalam sekitar 500 KK.

Jam 10.00 Wib, dr. Agus, Pak Lurah Lasiman, dan Pak Kadus Kauman yaitu Pak Ahmad Fauzan, melakukan survey di dusun Kauman dalam rangka meninjau dan mendokumentasikan daerah yang menjadi korban banjir, dari hasil pemantauan banjir yang terjadi kurang lebih setinggi 75 cm, dan banjir sudah ada yang masuk ke perumahan warga dusun Kauman. Perjalanan survey dilakukan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 2,5 jam, di Balai desa Gunungreja tim Survey mengadakan rapat koordinasi yang akhirnya dikeluarkan laporan kilat bencana banjir desa Gunungreja untuk pak Camat Sidareja.
Isi Laporan kilat Desa Gununreja No. 362/ / XI / 2008:
Bersama ini kami kirimkan dengan hormat Laporan Kilat Bencana Alam ( Banjir) yang terjadi di desa Gunungreja Kecamatan Sidareja Kabupaten Cilacap tepatnya di dusun Kauman dan sebagian di dusun Gunungreja pada hari ini sabtu tanggal 8 November Tahun 2008.
Banjir tersebut sejak hari jumat sore tanggal 7 November 2008, dikarenakan hujan terus-menerus sehingga sungai tidak dapat menampung volume air (limpas) dan pada akhirnya menggenang dan genangan air semakin lama semakin meluas dan belum ada tanda-tanda akan surut.
Taksiran Kerusakan: Jembatan yang rusak 1 buah, Rumah yang tergenang 557 Rumah,
Tanah pertanian yang tergenang: Sawah 3,5 Ha, Tegalan 1 Ha, Pekarangan 8 Ha.
Taksiran Kerugian seluruhnya sekitar Rp. 7.500.000,-
Langkah yang yang diambil : dianjurkan kepada penduduk yang belum mengungsi supaya mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.
Bantuan yang diharapkan : Bahan makanan dan obat-obatan.
Kesimpulan : Penduduk dianjurkan siap siaga dan selalu waspada bila perlu mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.
Jalan yang tergenang:

1. Jalan Kauman Selatan sepanjang 500 M, tinggi air sekitar 25 – 50 cm
2. Jalan Kauman Utara sepanjang 650 M, tinggi air sekitar 20-45 cm
3. Jalan Kelapa Sawit sepanjang 200 M, tinggi air sekitar 20 – 40 cm
4. Jalan Slamet Riyadi sepanjang 150 M, tinggi air sekitar 20-30 cm
5. J




alan H. Yasin sepanjang 100 M, tinggi air sekitar 10-30 cm

Pada hari yang sama yaitu sore harinya, jam 14.00, dr. Agus, Sr. Ambrosia, dan bu Wiwin melakukan survey dan peninjauan kembali ke lokasi banjir, karena hujan deras mengguyur akhirnya kami berteduh, silaturahmi dan koordinasi di rumah pak lurah Lasiman.

No comments:

Post a Comment