SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP

SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP
RSI FATIMAH CILACAP

Saturday, October 2, 2010

KAJIAN PEDESAAN PARTISIPATIF WARGA DESA GUNUNGREJA FEBRUARI 2010






Kajian Pedesaan Partisipatif (KPP) adalah metode yang digunakan untuk memfasilitasi proses identifikasi, persiapan dan pelaksanaan kegiatan berdasarkan kenyataan yang ada di masyarakat serta kriteria-kriteria yang ditentukan oleh anggota masyarakat itu sendiri. KPP memperkenalkan pembangunan yang langgeng dan mandiri dengan menjawab kebutuhan-kebutuhan dalam pengurangan resiko bencana oleh masyarakat yang dilakukan secara partisipatif.
Pada bulan Januari 2010, sudah dilaksanakan pertemuan dengan kelompok warga RW 01, RW 02, RW 03 dan RW 04 desa Gunungreja, dengan mengundang kelompok bapak-bapak, ibu-ibu dan muda-mudi yang belum pernah datang pada kegiatan di Balai desa Gunungreja untuk program pengurangan resiko bencana. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut para warga dimasing-masing RW dipandu oleh tim fasilitator PRB Perdhaki Unit Sidareja ikut serta mengidentifikasi , menganalisa, dan mengemukakan ancaman, kerentanan dan kapasitas yang ada di wilayah desa Gunungreja. Warga antusias mengikuti kegiatan kajian pengurangan resiko bencana, dilaksanakan langsung di salah satu rumah warga yang telah disepakati di RW masing-masing. Pelaksanaan KPP perlu juga menggunakan teknik dengan sarana gambar / visual dalam upaya mengumpulkan informasi dan menganalisa suatu kajian sehingga memudahkan masyarakat untuk berpartisipatif lebih aktif.
KAJIAN INI DI FASILITASI OLEH TIM FASILITATOR DARI LPPSLH PURWOKERTO YAITU MAS ALAM WIJAYA DAN MAS NAWA

3 comments:

  1. TRIMS BUAT MAS ALAM WIJAYA DARI LPPSLH DAN MAS NAWA DARI KETUA PEMUDA KARANG TARUNA CILACAP YANG SELALU MEMBANTU TIM DRR DALAM MEMFASILITASI WARGA DESA GUNUNGREJA DALAM KAJIAN PEDESAAN PARTISIPATIF...SUKSES SELALU YACH.

    ReplyDelete
  2. WARGA DESA GUNUNGREJA DIAJAK UNTUK MENGKAJIBERSAMA TENTANG KEBENCANAAN DI DESANYA..DENGAN MELIBATKAN SEMUA ELEMEN MASYARAKAT..WARGA BERKUMPUL DI BALAI DESA GUNUNGREJA..

    ReplyDelete
  3. trims..atas kepedulian terhadap warga kami desa gunungreja.

    ReplyDelete