SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP

SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP
RSI FATIMAH CILACAP

Saturday, October 2, 2010

INISIASI PROGRAM DRR DI KEC.SIDAREJA
















Dilaksanakan sosialisasi DRR yang dilaksanakan pada bulan puasa, selama 2 hari yaitu pada tanggal 19 dan 21 September 2008, PELAKSANAAN kegiatannya sebagai berikut:

TANGGAL PELAKSANAAN
1. Hari I : Jumat, 19 September 2008 pk 13.30-18.30 wib, diikuti 92 peserta.
2. Hari II : Minggu, 21 September 2008 pk 13.30-18.30 wib, diikuti 74 peserta

TEMPAT PELAKSANAAN : Di Pendopo Kecamatan Sidareja Cilacap
PEMBICARA :

a.PERDHAKI REGIO PURWOKERTO : dr. Paulus DN Prastowo
b.PEMERINTAH DAERAH KAB.CILACAP : Ir. Y. Parsiyan, SPd.MM
c.LSM LPPSLH PURWOKERTO(LEMBAGA PENELITIAN&PENGEMBANGAN
SUMBERDAYA DAN LINGKUNGAN HIDUP) : Alam Wijaya,S.Hut

Berdasarkan hasil kajian dan kesepakatan pertemuan sosialisasi DRR se-kecamatan Sidareja,ditunjuklah desa gunungreja sebagai desa percontohan program DRR yang didampingi oleh tim fasilitator Perdhaki unit Sidareja, dari pihak pemerintahan kecamatan juga telah mendukung, hal ini dengan dikeluarkannya surat rekomendasi camat:
Pada tanggal 11 oktober 2008, SURAT REKOMENDASI KEGIATAN NOMOR:360/450/X/2008, PERIHAL: Untuk menunjuk/memilih desa Gunungreja, sebagai desa percontohan program DRR (Disaster Risk Reduction) di kecamatan Sidareja, hal ini sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan TOT-DRR yang telah dilaksanakan oleh Perdhaki Regio purwokerto unit Sidareja pada tanggal 19 dan 21 Desember 2008 di pendopo kecamatan Sidareja.

Pada tanggal 18 Oktober 2008, desa Gunungreja dimuat di Suara Merdeka dengan judul: Desa Gunungreja jadi Percontohan.
“Desa Gunungreja ditetapkan sebagai desa percontohan penanganan korban bencana banjir dikecamatan Sidareja. Hal itu disebabkan masyarakat didesa itu dinilai paling sigap. Hal ini terlihat saat digelarnya training for trainer (TOT) di sidareja, belum lama ini. Meskipun lokasinya paling rendah dan hampir selalu langganan banjir, namun dalam TOT yang lalu, desa ini menunjukan kesigapan dalam menangani bencana ,kata Camat sidareja Bp. Ach.Arifin SR,SH,MM, Kegiatan itu digelar sebagai latihan penanggulangan bencana banjir kepada elemen masyarakat dan pemerintahan.
Dari hasil latihan itu, kata dia, pemerintah kemudian menindaklanjuti dengan menjadikan desa tersebut sebagai percontohan. Harapannya, masyarakat dapat menangani bencana banjir sesuai standar TOT”

2 comments:

  1. WAH..JADI INGET MASA AWAL-AWAL MENGENALKAN PROGRAM DRR DI WILAYAH KECAMATAN SIDAREJA, HAL INI DISAMBUT POSITIF OLEH PAK CAMAT,PAK DANRAMIL, PAK KAPOLSEK,KEPALA DESA SE KECAMATAN SIDAREJA,DAN TOKOH MASYARAKAT, TIDAK TERASA ITU SUDAH 2 TAHUN YANG LALU YACH...SEMOGA SEMANGAT UNTUK MENGATASI SIDAREJA EMOH BENCANA MASIH TETAP TERUS MENYALA..MAKASIH PADA SEMUA TIM PANITIA DRR DAN SEMUA PIHAK YANG TELAH MEMBANTU DALAM ACARA TERSEBUT YANG DILAKSANAKAN DI PENDOPO KECAMATAN SIDAREJA KAB. CILACAP

    ReplyDelete
  2. PAK LURAH LASIMAN DARI DESA GUNUNGREJA BEGITU ANTUSIAS MEMAPARKAN TENTANG KEBENCANAAN DI WILAYAH SIDAREJA...INI ADALAH AWAL PULANYA DESA GUNUNGREJA DIPILIH SEBAGAI DESA PERCONTOHAN DALAM PROGRAM PENGURANGAN RESIKO BENCANA DI SIDAREJA

    ReplyDelete