SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP

SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP
RSI FATIMAH CILACAP

Sunday, April 11, 2010

KAJIAN PEDESAAN PARTISIPATIF WARGA DESA GUNUNGREJA





Pada hari Jumat, tanggal 16 Januari 2009, pukul 13.00 sampai dengan pukul 17.00 Wib, bertempat dibalaidesa Gunungreja, dilaksanakan acara Kajian bersama masyarakat yaitu Kajian Pedesaan Partisipatif (KPP) dengan mengundang perwakilan elemen masyarakat sebanyak 60 peserta. Acara tersebut dimulai pembukaan oleh pak Lurah, Pengenalan Istilah Bencana oleh dr. Prastowo, Paradigma Bencana oleh dr. Agus, materi Pengurangan Resiko Bencana Oleh Masyarakat (PRBOM ) oleh bu Wiwin, setelah presentasi dari fasilitator, acara kajian Ancaman dimulai dengan proses dinamika kelompok yang terdiri atas 4 kelompok, Kelompok 1 dan kelompok 2, membuat Matrix Ancaman, Kelompok 3 dan 4 membuat Pohon Ancaman.

3 comments:

  1. INI ADALAH KAJIAN YANG DILAKUKAN PERTAMA KALI BERSAMA TOKOH MASYARAKAT YANG ADA DIDESA GUNUNGREJA,BERTEMPAT DIBALIDESA GUNUNGREJA,DARI PERTEMUAN INI SELANJUTNYA MELAHIRKANREKOMENDASI UNTUK PEMBENTUKAN TIM PENGURANGAN RESIKO BENCANA (PRB) DESA GUNUNGREJA.

    ReplyDelete
  2. JADI INGET PAS JAMAN-JAMAN PERTAMA KALI MASUK DAN BERINTERAKSI DENGAN WARGA DESA GUNUNGREJA, MASIH ADA DR PRASTOWO YANG SELALU MENDAMPINGI TIM PRB DALAM PROSES KAJIAN PEDESAAN, SEKARANG BELIAU SUDAH DISEMARANG SIBUK PENDIDIKAN DOKTER SPESIALIS,DOAKAN YAH BISA CEPET MENYUSUL UNTUK SEKOLAH LAGI:)

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum pak, perkenalkan saya reineta dri jogja. Bapak, saya telah membaca beberapa hal tentang desa Gunungreja terkait kebencanaan. Kebetulan saya dan tim sedang ada kegiatan di Desa Gunungreja terkait kebencanaan. Apakah saya dapat membaca dan melihat secara lebih detail terkait RPB, Renkon di Desa Gunungreja?
    Matur nunwun

    Email:puspitasari.reineta@gmail.com

    ReplyDelete