SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP

SPESIALIS PENYAKIT DALAM CILACAP
RSI FATIMAH CILACAP

Tuesday, April 6, 2010

BENCANA BANJIR YANG MELANDA DESA GUNUNGREJA




Istilah Bencana pada umumnya hanya dikaitkan dengan bencana alam saja, padahal makna yang lebih bencana ialah satu gangguan serius terhadap keberfungsian suatu masyarakat sehingga menyebabkan kerugian yang meluas pada kehidupan manusia dari segi materi, ekonomi atau lingkungan dan melampaui kemampuan masyarakat yang bersangkutan untuk mengatasi dengan menggunakan sumberdaya mereka sendiri (ISDR,2004).
Tingginya ancaman bencana banjir di kecamatan Sidareja terutama di desa Gunungreja mengancam proses pembangunan yang saat ini sedang berjalan. Kerugian ekonomi, sosial dan penyakit menjadi resiko besar yang harus ditanggung ketika bencana banjir terjadi. Banjir merupakan salah satu bencana akibat fenomena alam yang terjadi karena proses pembangunan, kegiatan negatif manusia atau siklus alamiah. Tingginya dampak akibat bencana ini menjadi penting dipelajari guna mengurangi kerugian yang ditimbulkannya.
Dalam konsep manajemen bencana, dampak buruk bencana dan banyaknya korban disebabkan karena tidak ditempatkannya potensi ancaman bencana dalam segala sektor. Kondisi ini semakin diperburuk dengan belum dijadikannya ancaman dan kemampuan yang harus dimiliki masyarakat.
Sebagian orang awam menganggap bahwa bencana banjir tidak bisa dikendalikan, bahkan dicegah, Melihat hal itu, maka diperlukan suatu langkah untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menghadapi situasi bencana secara berkelanjutan. Untuk mengupas fenomena banjir ini perlu dilakukan pelatihan manajemen bencana dengan mengenalkan tentang bahaya dan bencana, kesiapan bencana, kegawatdaruratan dan mitigasi/pencegahan bencana. Topik dalam materi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar memiliki respon yang baik dalam penanganan serta kesiagaan menghadapi bencana.

3 comments:

  1. DENGAN ADANYA PROGRAM PRB INI SEMOGA MEMBERIKAN BANYAK MANFAAT BAGI WARGA DALAM KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI BENCANA BANJIR SEHINGGA RESIKO KERENTANAN BISA DIKURANGI..

    ReplyDelete
  2. SEMOGA BANYAK PIHAK YANG MAKIN PEDULI TERHADAP LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK MEMBANTU PROGRAM PENGURANGAN RESIKO BENCANA DI WILAYAH KEC.SIDAREJA KAB.CILACAP

    ReplyDelete
  3. KAPASITAS MASYARAKAT JUGA BISA DITINGKATKAN...

    ReplyDelete